Website Kurang Menarik


Posting kali ini saya akan membahas mengenai salah satu website yang saya kira kurang menarik design interfacenya. Saya bukanlah programmer yang handal, yang mempunyai keahlian dalam bidang Human Interaction Computer. Namun disini saya akan mengajak Anda untuk memberi  komentar  dan berpikir kritis terhadap design interface sebuah website. Disini kita akan bertindak sebagai user yang ingin mencari informasi dari website tersebut. Disini saya akan membahas khususnya tentang usability dari website ini, yaitu seberapa mudah user paham menggunakan website ini dari interface yang dimiliki oleh website tersebut. Saya mempunyai contoh website yang kurang begitu menarik. Silahkan Anda buka website http://akimee.com/. Amati dengan seksama website ini, lihat secara teliti menu-menu yang ditampilkan oleh website ini. Berikut tampilan awal website ini :
  


1.     Coba anda lihat pada bagian atas halaman utama website tersebut, terdapat fasilitas searching untuk mencari item yang akan kita inginkan. Masalah yang muncul adalah keyword yang digunakan kode barang. Hal ini membuat bingung user, karena user harus mengetahui kode produk item yang akan dicari. Ini merupakan sesuatu hal yang useless, karena bukan mempermudah user tapi mempersulit.


2.     “No Sign Up Means No Member” begitulah gambaran dari website ini. Ketika saya ingin melakukan transaksi untuk membeli barang tersebut, saya harus login terlebih dahulu, mendaftar sebagai member. Menurut saya ini tidak usability karena tidak semua user ingin menjadi member dari toko tersebut.
3.      “Scroll sampai dapet”, gambaran ketika kita akan melakukan transaksi, kita akan mengentry identitas diri dan alamat pengiriman. Perhatikan gambar dibawah ini. Di samping label provinsi terdapat combo box daftar provinsi, di samping label kota juga terdaftar combo box daftar kota. Masalah yang muncul adalah daftar provinsi dan kota tersebut tidak diurutkan sesuai abjad. Hal ini mempersulit user ketika ingin mencari provinsi dan kota yang dicari. User harus melakukan scroll beberapa kali.




4.      Setelah kita melakukan transaksi, coba Anda perhatikan di keranjang belanja Anda. Tampilan seperti gambar di bawah ini. Terdapat tombol update, menurut saya tombol ini tidak efisien karena kalau kita sebagai user yang awam, tombol ini tidak melakukan proses apapun, tapi sebenarnya tombol tersebut digunakan untuk mengupdate data yang kita beli. Alangkah baiknya kalau ada konfimasi bahwa data tersebut telah diupdate.



5.      Produk yang ditawarkan banyak, tetapi indeks stok yang diberikan hanya beberapa produk saja. Sehingga bisa disimpulkan bahwa website ini kurang informatif.



Sekilas posting saya mengenai usability sebuah website, bagaimana website tersebut mudah dipahami oleh user. Semoga postingan ini bermanfaat buat Anda untuk membuat website yang usability dan learnability, yang pasti menarik juga. Mungkin Anda bisa menuangkan komentar Anda mengenai website yang saya bahas ini. Bagaimana menurut Anda?

  • setelah mengunjungi webnya, iya bener bgt pada bagian penacariannya disana berdasarkan kode barang, sebagai pengguna kan kita ga tau apa aja kode barang di web tsb. Lebih nyaman pencarian berdasarkan nama barang saja.

    untuk proses belanjanya di web tersebut cukup mudah di mengerti menurut saya, ya mungkin ada beberapa hal yang kurang nyaman bagi pengguna.

  • Dari postingan septy aja sudah males mau buka webnya juga,. percaya aja dh,. konsumen kok dibikin ribet, daripada pusing dengan interface yang tak jelas mending belanja di toko terdekat aje,. hehe
    CMIWWWWWW,...

  • seharusnya web e-commerce itu memudahkan konsumen untuk membeli barang.

    setelah membaca blog septy, dilihat dari keterangan yang septy utarakan menurut saya juga, web ini kurang informatif bagi user.

  • Untuk masalah harus registrasi terlebih dahulu, mungkin pemilik website ingin memperoleh data pengunjung yang membeli produk mereka serta aktivitas transaksi pembeli tersebut dengan meminta mereka melakukan login terlebih dahulu.
    Mungkin ada baiknya jika fungsi login baru muncul setelah proses pemilihan barang yang akan dibeli itu selesai/sebelum konfirmasi pembayaran.
    Tambahan : pada menu cek biaya kirim, pilihan layanan kurir hanya menggunakan JNE, namun disitu pengunjung harus memilih radio button-nya terlebih dahulu. Sebaiknya jika pilihan hanya ada 1 buah, user tidak perlu memilih/mengeceknya lagi, langsung mengisikan data yang diperlukan selanjutnya.
    C.M.I.I.W

  • iyaaa cukup ribet proses pemesanannya. Masa kita harus menghafal kode barang yang ingin kita pesan. itu sangat mempersulit calon pemesan.
    Lebih baik langsung beli ditokonya saja sep. hihi ;)

  • tampilan sih bagus,cuman ndak user-friendly..agak ribet..cukup satu aja yg jadi masalah,cari barang harus pake kode barang

    sekian dan trima kasih :D

  • iya tampilanya memang agak bingung..terutama yang mau belanja bagi orang awam..saya setuju dengan selvy lebih baik dateng ke toko nya langsung daripada membuat saya berpikir bagaimana cara belanjanya....^_^...

  • @all: terima kasih teman-teman semua atas komentarnya semoga ke depannya kita bisa membangun sebuah website yang usability, leranability dan interaktif buat si user.

    @selvy n intan: solusi terbaik memang langsung datang ke tokonya,bisa langsung pilih barang yang sesuai keinginan kita hehhe :D

  • setuju dengan madeinjogja, mengenai harus menjadi member, mungkin itu agar admin nya mengetahui data calon pembeli. Memang lebih enak belanja langsung, bisa nawar lagi hehe :p

  • cuman sedikit tambahan.klo permasalahan pada login, menurut saya wajar.tidak begitu menjadi masalah, karena hampir setiap tolo web kya gitu.seperti yg dikatakan mas rizky, mungkin toko web itu pengen tw berapa jumlah pengunjung dan pembelinya.
    selebihnya saya setuju semua dengan komentar yg lain.

  • tapi saya cukup suka dengan fasilitas filter barang berdasarkan harga...jadi user tidak direpotkan dengan mencari satu persatu barang yang diinginkan yang sesuai dengan budget yang dimiliki...

    ada satu hal juga yang bikin agak bingung yaitu pencarian komentar berdasarkan email...
    apa sih sebenernya maksudnya?? gak ngerti deh manfaatnya apa...